Kamis, 28 Juni 2012

UJIAN AKHIR SEMESTER


UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
TAHUN AJARAN 2011/2012

Mata Kuliah                         : Sejarah Afrika
Program Studi                     : Pendidikan Sejarah
Semester                            : IV
Hari/ Tanggal                       : 
Dosen                                 : Arif Permana Putra, S. Pd
Mahasiswa                          :  Choirul Anam
Nirm                                   :  4322310030019


1.      Bagaimanakah usaha Leopold II sebagai Raja Belgia dalam perluasan wilayah di Kongo ?
2.     Jelaskan latar belakang ekspansi wilayah kekuasaan Italia ke Benua Afrika !
3.     Bagaimanakah pelaksanaan politik direct rule Perancis di daerah Arika Perancis dan apakah tujuannya ?
4.     Jelaskan karakteristik dari pelaksanaan kolonialisme/imperialisme Inggris di Afrika !
5.     Bagaimanakah perjuangan kulit hitam dalam menentang politik minoritas kulit putih Afrika Selatan ?
6.     Jelaskan bentuk kerjasama antar negara di Afrika dalam rangka membangun kehidupan berbangsa serta  Hubungan Afrika-Indonesia ?

Jawaban!!!
1.      Usaha leopard II dalam perluasan wilayah dikongo yakni dengan menciptakan masyarakat Internasional Afrika. Hingga akhir ia di izinkan di dalam konfrensi oleh negara-negara eropa untuk menekan perdaganagn budak Afrika Timur, mempromosikan kebijakan kemanusiaan, menjamin perdagangan bebas, dan mendorong misi mengkristenkan dan mendidik orang-orang Kongo. Dan fokus utama leopard II sendiri adalah membuat keuntungan besar pada sumber daya alam, khususnya gading dan karet.
2.     Latar belakang ekspansi wilayah kekuasaan Italia ke Benua Afrika adalah karena keinginan negara italia untuk menjadi  negara imperialisme. Karena negara italia sendiri sedang menghadapi kepadatan penduduk bagi negerinya. Maka, langkah yang diambilnya adalah politik imigrasi ke negara-negara lain dengan tujuan untuk pengembangan politik dan ekonomi bagi negara itali sendiri.
3.     Sebelum perang dunia II politik kolonial prancis yang dijalankan di daerah-daerah koloninya berdasarkan suatu doktrin “asimilasi” teori ini didasarkan pada dugaan bahwa orang-orang Afrika dapat dijadikan orang prancis. Prinsip asimilasi tersebut mengandung gagasan yang tercetus dalam zaman revolusi “equality” dan “fraternity” disamping itu juga mngandung filsafat politik yang kemudian dianut oleh Imperium Prancis yang disebut paternalisme. Tujuan politik asimilasi tersebut ialah mengintegrasi daerah milik diseberang lautan dengan prancis, mengasimilasi penduduk koloni dalam kerangka prancis baik politik, ekonomi, ethis, religius, maupun kulturil.   Secara hirarkhis pemerintah tersebut diatur seperti piramida dengan Paris sebagai pucuk pimpinan.   kekuasaan dipegang oleh menteri tanah jajahan dan Parlemen dan melalui penguasa tertinggi dikoloni diteruskan kepada pegawai-pegawai yang lebih rendah di daerah-daerah. Dewan-dewan yang terdapat dikoloni-koloni hanya memiliki kekuasaan konsulatif melulu.
4.     Karakteristik dari pelaksanaan kolonialisme/imperialisme inggris di Afrika itu sendiri adalah penekanan pada kepentingan kaum kolonis kulit putih ditanah koloni dan penekanan pertanggungjawaban sebagai pembimbing untuk penduduk bumi putera.
5.     Berbicara mengenai perjuangan kulit hitam dalam menentang politik minoritas kulit putih Afrika Selatan yang berusaha keras untuk mengahapus segala hal sampai pada kekejian sistem politik rasialis. Berjuang untuk membela dan menghapus diskriminasi antara ras hitam dan ras putih, dimana warga kulit hitam Afrika ditanah airnya sendiri harus punya surat izin jalan yang melarang mereka bermukim, duduk-duduk ditaman atau sekolah, bekerja di tempat-tempat yang hanya eksekutif diperuntukkan bag warga kulit putih dengan legislasi hukum yang memberi hukuman penjara bagi yang melanggar. Ketidakadilan tersebut mendorong rakyat untuk memperjuangkan hak-haknya melalui berdemo dan kampanye agar masyarakat sadar akan perlakuan yang tidak adil.
6.     Bentuk kerjasama antar negara di Afrika sendiri dalam rangka membangun kehidupan berbangsa adalah dengan terjalinnya hubungan antara saru negara dengan negara lainnya melalui kesepakatan untuk mencapai tujuan. Kerjasama anatar negara bentuknya bermacam-macam, melalui kerjasama ekonomi, perdagangan dan lain-lain. Sedangkan dengan indonesia sendiri dapat dilihat dari kedua negara sudah lama menjalin hubungan diplomatik, kedua kepala negara saling mengadakan kunjungan untuk mengadakan kerjasama disegala bidang, saling tukar menukar kebudayaan antar kedua negara, kedua negara aktif dalam GNB dan hubungan ekonomi yang sedang dirintis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar